Iklan

iklan

Kuliah Gratis di Kampus IAIB Cabang Cianjur, Agraria Institute dan Pemuda Muslim Indonesia Peduli Pendidikan

KilasInfo.id
Senin, 01 Juli 2024 | 3:50 PM WIB Last Updated 2024-07-01T08:55:42Z
Foto: Dok. KI. Kampus IAIB Cabang Cianjur Jl. Lingkartimur No. 5 Lt.2 Desa Sabandar

KILAS INFO | CIANJUR - Agraria Institute bersama Pemuda Muslimin Indonesia Kabupaten Cianjur mendirikan Kampus Institut Agama Islam Bogor (IAIB) Cabang Cianjur. Bertempat di Kantor Agraria Institute Jl. Lingkar timur lantai 2 No. 5 Desa Sabandar Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.

Gelombang pendaftaran pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Juni 2024 dari pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai, gelombang kedua pada hari Minggu, 30 Juni 2024 pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai di kampus IAIB cabang Cianjur.

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Institut Agama Islam Bogor (IAIB) dengan nomor register 039/IAIB/VI/2024 diketahui oleh Pimpinan kedua belah pihak.

Direktur Agraria Institute D Firman K kepada awak media menuturkan, program pendidikan kami ini sejalan dengan undang undang, turut serta mencerdaskan kehidupan Bangsa.

"Tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa berarti memastikan seluruh warga negara Indonesia memiliki kesempatan dan akses ke pendidikan yang layak dan berkualitas. Tujuan ini bukan hanya tanggung jawab negara dan pemerintah, tetapi juga seluruh warga negara Indonesia," ujarnya Senin, (1/7/2024).

"Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah proses terencana dan terpadu dalam berbagai bidang kehidupan untuk membangun dan mengembangkan peri kehidupan bangsa yang majemuk agar terus bertumbuh sebagai bangsa yang bersatu, yang terdiri atas pribadi dan masyarakat yang mampu berpikir nalar dan berilmu pengetahuan," imbuhnya.

Ia juga mengatakan, masyarakat yang mendaftar pada program kuliah gratis ini pada hari kedua ini sudah tercatat hingga ratusan orang, mereka terdiri dari berbagai latar belakang profesi, usia dan gender, artinya animo masyarakat sangat tinggi terhadap program pendidikan.

"Kami berharap melalui program pendidikan ini dapat mencetak masyarakat yang berilmu pengetahuan, sehingga apa yang dicita-citakan pendiri bangsa ini dapat terwujud," pungkasnya.

Hal yang sama disampaikan Bung Deni Abdul Gani, S.Pd. Biro Pendidikan Pemuda Muslimin Indonesia Cabang Kabupaten Cianjur.

Menurutnya dia organisasinya sudah lama berdiri bahkan sebelum Republik ini ada, Pemuda Muslim Indonesia (PMI) adalah organisasi pemuda dan keagamaan tertua di Indonesia. PMI didirikan di Yogyakarta pada 25 November 1928 oleh H. Agus Salim dan tokoh-tokoh Syarikat Islam (SI).
Foto: Dok. KI.Calon Mahasiswa sedang mengisi formulir pendaftaran 

"Peran Pemuda Muslim Indonesia lebih memikirkan bagaimana menjadi indonesia emas melalui elemen keagamaan, dan mengaitkan nya dengan kaidah Islam, tujuan pendidikan terlihat jelas didalam ilmu dan amal," tuturnya.

Ia menegaskan bahwa, suatu perbuatan hendaknya menurut panduan (petunjuk) ilmu, sebagaimana anggota badan menuruti panduan penglihatan. Sesungguhnya ilmu yang disertai perbuatan sedikit ialah yang lebih bermanfaat, dibanding kebodohan yang disertai perbuatan banyak. 

"Ilmu pengetahuan itu seperti bekal yang sedikit tetapi jelas manfaatnya bagi seorang musafir, sedangkan kebodohan itu seperti bekal yang banyak namun tidak diketahui manfaatnya oleh seorang musafir," bebernya.

Terakhir Ia berharap Masyarakat Cianjur terutama generasi emasnya berlomba lomba mencari ilmu.

"Dengan ilmu generasi emas kita akan mampu menjawab tantangan jaman," tutupnya.

Masih dilokasi yang sama, Kampus IAIB cabang Cianjur, Yodi Rama Hendra (27) Calon Mahasiswa asal Kecamatan Sukanagara, Ia sangat mengapresiasi IAIB, Pemuda Muslimin Indonesia Cabang Cianjur dan Agraria Institute yang sudah membuka akses perkuliahan untuk masyarakat kabupaten cianjur.

"Dikantor Agraria Institute yang kini lantai 2 nya menjadi kampus IAIB cabang cianjur, saya mengikuti pendaftaran calon mahasiswa, mengambil jurusan fakultas hukum keluarga Islam," ungkapnya.

"Saya mewakili mahasiswa yang daftar pada hari ini sangat mengapresiasi Institut Agama Islam Bogor (IAIB), Pemuda Muslimin Indonesia Cabang Cianjur dan Agraria Institute yang sudah memberikan akses pendidikan tinggi atau perkuliahan gratis kepada masyarakat," imbuhnya.

Untuk informasi detail terkait jurusan Fakultas apa saja yang tersedia di Kampus IAIB Cabang Cianjur bisa menghubungi kontak person 083857435422 an. Tantan Rusmana, atau datang langsung ke Kampus di Jl. Lingkar timur No.5 Lt.2 Desa Sabandar Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.

(Ark)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuliah Gratis di Kampus IAIB Cabang Cianjur, Agraria Institute dan Pemuda Muslim Indonesia Peduli Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan